Rabu, 14 Agustus 2013

MASALAH PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SOLUSINYA


Perubahan yang terjadi di segala bidang kehidupan sebagai proses perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sehingga pendidikan merupakan sesuatu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang, dimana kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari tingkat kualitas sumber daya manusia dan ini merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu bangsa, karena semakin baik tingkat pendidikan suatu bangsa maka semakin baik pula kualitas bangsa itu sendiri.

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang dalam menjalani kehidupan terutama pada jaman yang semakin modern ini dimana pendidikan merupakan sebuah tuntutan untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Manusia dituntut dan diwajibkan untuk selalu belajar menerima dan menyerap informasi yang selalu up to date dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari karena ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman.

Pendidikan di Indonesia memang masih tergolong rendah bila dibandingkan dengan negara-negara lain, nampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain :
  1. Rendahnya sarana fisik.
  2. Rendahnya kualitas guru.
  3. Rendahnya kesejahteraan guru.
  4. Rendahnya prestasi siswa.
  5. Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan.
  6. Mahalnya biaya pendidikan.
Salah satu masalah yang mempengaruhi pembelajaran dan hasil belajar siswa adalah kurangnya strategi guru dalam menggunakan model-model pembelajaran yang mampu membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar siswa berkaitan dengan prestasi belajar siswa, jika siswa memiliki prestasi yang tinggi maka siswa tersebut memiliki hasil belajar yang tinggi begitupun sebaliknya. Hasil belajar mengacu pada perolehan hasil secara keterlibatan mental, emosi,  dan social dari siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar teraktualisasi pada perubahan sikap dan kepribadian siswa untuk lebih berprestasi dalam berbagai aktifitas di sekolah.

Berbagai penelitian mengenai minat siswa dalam belajar memiliki hasil yang menunjukkan bahwa minat belajar siswa masih rendah, hal ini yang menyebabkan prestasi siswa menurun bahkan hal terburuk seperti TIDAK NAIK KELAS/TIDAK LULUS pun sering terjadi.

Penyebab menurunnya prestasi siswa atau sulitnya siswa dalam mendapatkan nilai yang baik di sekolah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:
  1. Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran tertentu karena dianggap sulit atau tidak menarik.
  2. Sikap malas belajar yang telah menjadi kebiasaan.
  3. Tidak sesuai dengan bakat yang dimiliki.
  4. Model pembelajaran guru yang membosankan.
  5. Kurangnya ilustrasi atau contoh atau analogi mengenai materi pembelajaran yang sebenarnya dapat dikaitkan pada kehidupan sehari-hari.
  6. Penyampaian guru yang tidak menarik.
  7. Pola pikir siswa yang tetap dan terlalu terpaku pada materi sehingga pola pikir menjadi tidak berkembang. Contohnya mayoritas siswa terpaku pada hapalan bukan pemahaman berdasarkan logika.
  8. Pelajaran yang sulit untuk dipelajari sendiri terutama dalam mengerjakan PR.
  9. Jarak antara guru dan siswa yang terlalu renggang sehingga memberikan ketidaknyamanan pada siswa untuk leluasa bertanya.
  10. Persaingan prestasi belajar yang ketat dengan siswa lainnya di kelas yang membuat mental siswa menjadi menurun padahal hal ini bisa menjadi sebuah motivasi belajar lebih giat.
  11. Dll.
Maka dari itu, GMPrivat memberikan solusi terbaik bagi masalah-masalah yang dialami oleh siswa dalam belajar. Kami bukan hanya memberikan model pembelajaran yang sesuai dengan karakter sifat dan sikap siswa namun kami menanamkan pola pikir serta mental dalam belajar siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mendalami suatu materi pembelajaran.
Privat yang mengusung konsep mengembangkan pola pikir siswa dikemas melalui penyampaian materi yang dibuat menjadi menarik melalui para pengajar yang telah terpilih melalui proses seleksi. Para pengajar yang kami miliki merupakan para pengajar yang kompeten (berstatus kuliah dan telah lulus di perguruan tinggi terkemuka di Bandung, PTN dan PTS) dan memenuhi persyaratan yang telah kami buat sehingga akan sesuai dengan konsep yang kami usung serta sesuai dengan karakter siswa.
Nilai plusnya, siswa mendapatkan guru sekaligus teman yang nyaman dalam belajar, karena bukan hanya dalam waktu les saja, kedekatan antara pengajar dan siswa membuat pengajar dapat berbagi pengetahuan lainnya diluar materi pelajaran siswa dan diluar waktu les sehingga dapat menambah wawasan siswa.





Representative Office:
Les Privat Bandung
Growth Mindset Private (GMPrivat)
Jl. Terusan Kopo km.14. Komp. Gandasoli Indah C.21, Bandung 40971
Telp/SMS : 0852 943 50 600
Line ID : gmprivat
WhatsApp : 0852 943 50 600 ( klik disini untuk chat langsung dg CS )
Email : privategrowthmindset@gmail.com
Instagram : @eduquotes
Facebook : growthmindsetprivat

Twitter Delicious Facebook Stumbleupon Favorites More