Minggu, 16 Maret 2014

JURUS JITU MENGHADAPI UJIAN NASIONAL


Berikut ini beberapa tips-tips jitu ala gmprivat untuk menghadapi Ujian Nasional :

1.Berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa
Segala kegiatan yang kamu lakukan biasakan untuk dimulai dengan doa agar apa yang kamu kerjakan dimudahkan dan diridhoi oleh Tuhan.

2.Minta doa restu pada orang tua
Hal satu ini tidak boleh dilupakan karena doa restu orangtua dikenal manjur. Maka dari itu jangan lupa selalu minta doa restu kepada orang tua di dalam hal apapun, terutama ketika mau ujian sekolah. Insya Allah doa orang tua akan memudahkan dalam mengerjakan soal-soal ujian nasional.

3.Yakin atau Percaya Diri
Kamu harus yakin dengan kemampuan yang kamu miliki dan percaya bahwa KAMU BISA !!!

4.Berusaha
Percaya diri dan keyakinan yang kuat tanpa diiringi tindakan nyata (usaha) sama saja dengan nol besar. Hal inilah yang terpenting karena kamu harus memegang prinsip HASIL = USAHA “hasil yang kamu dapatkan akan sesuai dengan usaha yang kamu lakukan”.

5.Belajar cerdas
Biasanya kamu dapat membaca bahan ujian hingga berulang kali namun hanya sedikit bahkan bisa saja tidak ada satupun materi yang diingat, mengapa hal ini dapat terjadi? Hal ini dikarenakan kamu sekedar membaca materi tanpa berusaha untuk memahami materi tersebut. Solusinya adalah bacalah dengan seksama, apabila ada yang tidak kamu pahami tanyakanlah pada orangtua/kakak/orang disekitar kamu.

6.Kerjakan latihan soal
Membaca materi lalu menjawab latihan soal akan menambah pemahaman kamu terhadap materi yang dipelajari. Karena biasanya soal-soal yang keluar di Ujian Nasional akan sejenis dengan soal-soal yang ada di evaluasi soal yang biasanya terdapat di halaman akhir bab. Bahkan apabila kamu bosan untuk membaca, kamu bisa belajar mengisi latihan soal terlebih dahulu sambil mencari-cari jawaban pada materi yang disediakan, secara tidak langsung hal ini sama saja dengan membaca. Hal ini dikenal lebih efektif karena kamu akan fokus membaca pada poin-poin penting yang terkandung pada setiap bab.

7.Ikut Les
Apabila banyak materi yang tidak kamu pahami dan tidak ada orang yang dapat kamu tanyakan, lebih baik kamu mendapat tambahan belajar di luar sekolah, misalnya dengan mengikuti les. Namun untuk memilih les yang tepat kamu harus memperhatikan apakah les tersebut akan efektif dan kondusif. Carilah jasa les yang dapat membimbing proses belajarmu dengan baik dan dapat memberikan guru les yang nyaman dan menyenangkan sehingga kamu tidak merasa bosan selama belajar.

8.Kurangi porsi bermain dan abaikan gadget dan media sosial
Tetap saja, apabila menjelang dan selama Ujian Nasional berlangsung kamu harus menahan keinginan untuk bermain dengan teman-teman ataupun bermain games, terutama intensitas kamu menggunakan gadget harus dikurangi. Karena pada zaman sekarang, anak-anak terlalu banyak menghabiskan waktu bersama gadget yang dimilikinya untuk mengakses media-media sosial sehingga seringkali waktunya habis terbuang dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Prioritaskan Ujian Nasional agar kamu tidak menyesal nantinya.

9.Hapus rasa malas
Apabila tidak terbiasa membaca buku ataupun jarang sekali belajar, namun untuk Ujian Nasional kamu harus membuat pengecualian karena ujian ini akan berpengaruh pada keputusan lulus atau tidaknya kamu di sekolah.  Lawan rasa malasmu, memang sulit untuk memulai segala sesuatu, namun setelah kamu memulainya, hal tersebut tidak akan sesulit yang kamu bayangkan.

10.Berpikir dan Berkata Positif
Apa kamu ingat dengan pepatah yang mengatakan bahwa UCAPAN ADALAH DOA. Nah maka dari itu untuk memotivasi diri kamu untuk belajar, berpikir dan berucaplah dengan kata-kata yang positif. Ubahlah cara berpikir kamu yang selalu memandang sesuatu hal itu sulit, buatlah semuanya menjadi mudah, jangan menambah kesulitan proses belajar dengan pemikiranmu yang negatif.

11.Jaga Kesehatan
Jangan terlalu memaksakan diri dengan belajar hingga tengah malam apalagi sampai melewatkan waktu tidur, karena hal tersebut akan berakibat fatal. Kondisi badanmu akan lemah dan tidak mood untuk mengerjakan sesuatu yang berakibat menjadi sakit dan akhirnya malah tidak bisa hadir untuk ujian keesokan harinya. Maka dari itu aturlah jadwal belajarmu dengan baik. Selain itu sebelum berangkat sekolah, jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu, karena sarapan pagi akan menutrisi otak.

12.Pasrah
Artinya bukan pasrah dengan tidak berusaha sama sekali namun pasrah dengan hasil yang akan diumumkan setelah proses belajar semaksimal mungkin. Percayalah keberhasilan dan kegagalan bukanlah segalanya, yakinlah bahwa kemampuanmu itu luar biasa dan sempurna, maka dari itu  berusahalah untuk selalu memperbaiki diri dengan bersungguh-sungguh. FIGHTING !!
Semoga bermanfaat……



Representative Office:
Les Privat Bandung
Growth Mindset Private (GMPrivat)
Jl. Terusan Kopo km.14. Komp. Gandasoli Indah C.21, Bandung 40971
Telp/SMS : 0852 943 50 600
Line ID : gmprivat
WhatsApp : 0852 943 50 600 ( klik disini untuk chat langsung dg CS )
Email : privategrowthmindset@gmail.com
Instagram : @eduquotes
Facebook : growthmindsetprivat

Twitter Delicious Facebook Stumbleupon Favorites More