Selasa, 15 Juli 2014

Masalah Anak Saat Ini Serta Solusinya


Kesulitan mencerna materi pelajaran di sekolah seringkali membuat siswa stress belajar sehingga baik siswa maupun orangtua siswa seringkali memutuskan untuk menambah jam pelajaran demi mengulang kembali materi yang belum dipahami. Namun hal ini kerapkali terhambat oleh jadwal siswa yang tak menentu dan kondisi siswa yang telah lelah belajar seharian sehingga dibutuhkan solusi dimana siswa tetap dapat mengulang materi yang belum dipahami namun dapat tetap mengatur waktu serta jadwal istirahatnya.

Coba bayangkan! misalnya kita ambil salah satu contoh siswa SD saja ada yang pulang sekolah pada pukul 3, belum ditambah kegiatan ekstrakurikuler sampai jam 4. Setelah itu siswa harus berada di perjalanan ke rumah. Setelah itu masih banyak rutinitas yang menunggu seperti PR sekolah yang menumpuk sehingga menuntut siswa untuk begadang. Diperparah apabila siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan PR. Esoknya kegiatan berulang kembali hampir sama seperti kemarin dan seterusnya. Hal inilah yang mengakibatkan banyaknya anak yang mengalami penurunan minat terhadap belajar bahkan lebih parahnya sampai depresi dan tidak mau masuk sekolah.

Memang tidak ada solusi yang pas apabila anak telah mengalami depresi selain dengan mengurangi aktivitasnya yang padat. Maka dari itu orangtua haruslah jeli dalam  memilih kegiatan kegiatan yang dapat dilakukan oleh anak. Perlu diingat! Bahwa anak adalah bagian dari hidup kita, seseorang yang sangat kita cintai dan sayangi, maka dari itu kita sebagai orangtua yag baik harus mengerti apa yang anak butuhkan dan tidak boleh memaksakan kehendak yang terlalu berlebihan pada anak. Tentunya banyak orangtua yang akan menyesal apabila pada akhirnya anaknya mengalami gangguan mental akibat tekanan belajar yang berlebihan.

Maka dari itu orangtua selayaknya memberikan solusi yang pas bagi anak. Baik itu bimbingan secara langsung maupun melalui pihak ketiga. Dan penting untuk dicatat, jadwal bimbingan tersebut haruslah disesuaikan dengan jadwal anak. Karena kondisi anak yang sudah lelah beraktivitas akan berdampak pula pada kurang optimalnya anak dalam mencerna materi yang dipelajari.

Sekian dari GMPrivat. Semoga bermanfaat untuk Ayah dan Bunda :)


Representative Office:
Les Privat Bandung
Growth Mindset Private (GMPrivat)
Jl. Terusan Kopo km.14. Komp. Gandasoli Indah C.21, Bandung 40971
Telp/SMS : 0852 943 50 600
Line ID : gmprivat
WhatsApp : 0852 943 50 600 ( klik disini untuk chat langsung dg CS )
Email : privategrowthmindset@gmail.com
Instagram : @eduquotes
Facebook : growthmindsetprivat


Twitter Delicious Facebook Stumbleupon Favorites More