Sabtu, 29 November 2014

Cetak Generasi Berprestasi dengan Pendidikan Yang Tepat


Salam cerdas sahabat ilmu. Kata pendidikan adalah kata yang sangat familiar dengan telinga kita, sebenarnya apa yang dimaksud dengan pendidikan? 

Ya, suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dalam bidang tertentu. Sebagaimana kita tahu bahwa pendidikan adalah hal yang sangat fundamental. Jika sahabat kaitkan pendidikan dengan anak sebagai generasi muda maka akan sangat erat kaitanya dengan tanggung jawab beberapa pemangkunya. Yaitu, orang tua dan pemerintah, orang tua sebagai pemegang peran utama dalam kehidupan anak dan pemerintah sebagai fasilitator pendidikan.

Tanggung jawab orang tua selain mendidik hal-hal yang berkaitan dengan norma, juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan formal kepada anaknya untuk bekal masa depan mereka kelak. Tidak jarang orang tua memaksakan kehendak mereka pada anaknya untuk mengikuti jenjang pendidikan pada institusi yang mereka anggap baik, namun belum tentu baik dan tepat untuk buah hati mereka. Dalam memberikan pendidikan formal kepada anak, orang tua hendaknya memikirkan pendidikan yang tepat.  

Apa itu pendidikan yang tepat?
 
Pendidikan yang tepat adalah pendidikan yang berdasarkan potensi dan bakat anak, dalam hal ini orang tua harus mampu menyingkirkan ego mereka dan harus berorientasi pada kedua hal tersebut.  

Kenapa harus pendidikan yang tepat?  

Karena pendidikan yang tepat pada anak akan memberikan output yang optimal, sehingga akan mencetak generasi berprestasi karena apa yang diberikan oleh orangtua kepada anak adalah hal yang mereka minati.
Selain orang tua yang memiliki tanggung jawab atas pendidikan anak, pemerintah juga ikut andil dalam hal ini. Pemerintah sebagai fasilitator pendidikan memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam mencetak generasi bangsa yang berprestasi dan unggul. Tidak jauh beda tanggung jawab pemerintah dengan orang tua, kedua pemangku peran pada anak tersebut harus benar-benar memperhatikan minat dan bakat, dan bukanlah ego. Bedanya pemerintah bertanggung jawab atas seluruh anak di negeri tercinta ini, sementara orang tua hanya bertanggung jawab atas anaknnya sendiri.  

Seperti apa tanggung jawab pemerintah terhadap pendidikan yang tepat?
 
Pemerintah memiliki tanggung jawab dalam menyelenggarakan pendidikan formal yang dapat mengeksplorasi bakat-bakat para siswa di sekolah. Dengan apa? Seperti yang kita tahu bahwa di sekolah terdapat program ekstrakurikuler, kegiatan tersebut dimaksudkan oleh pemerintah untuk mengembangkan bakat yang dimiliki siswa. Namun sayangnya pemerintah belum dapat sepenuhnya memberikan fasilitas yang layak untuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.
Jika dua pemangku pendidikan tersebut benar-benar memberikan pendidikan yang tepat pada anak-anak di seluruh Indonesia niscaya generasi muda Indonesia akan menjadi generasi yang berprestasi dan cemerlang. Sahabat marilah kita perhatikan pendidikan yang tepat pada anak, dan hindari hal yang malah akan menghambat anak untuk mengembangkan bakatnya. (Rexy/”GMPrivat”)




Representative Office:
Les Privat Bandung
Growth Mindset Private (GMPrivat)
Jl. Terusan Kopo km.14. Komp. Gandasoli Indah C.21, Bandung 40971
Telp/SMS : 0852 943 50 600
Line ID : gmprivat
WhatsApp : 0852 943 50 600 ( klik disini untuk chat langsung dg CS )
Email : privategrowthmindset@gmail.com
Instagram : @eduquotes
Facebook : growthmindsetprivat

Twitter Delicious Facebook Stumbleupon Favorites More