Jumat, 05 Desember 2014

Taklukan Speaking Berbahasa Inggris

       Salam cerdas Sahabat GMPrivat. Masih memiliki masalah dalam ujian speaking? Atau ingin meningkatkan kemahiran berbicara dalam bahasa inggris?. Pasti dalam benak sahabat masih ada rasa cemas dan pesimis untuk menghadapi ujian speaking. Padahal kemampuan speaking dalam bahasa inggris sama pentingnya dengan kemampuan writing dan reading maupun listening. Coba sahabat bayangkan, jika sahabat ingin mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri, di mana bahasa pengantarnya adalah bahasa inggris. Tentu sahabat dituntut untuk memiliki kemampuan speaking yang cukup baik bukan? atau lebih singkatnya apabila sahabat bertemu turis, pasti dalam hati ada keinginan untuk mengajak ngobrol kan?.


       Jangan khawatir sahabat, semua itu belum terlambat selama ada cara yang cerdas, cepat dan efektif. Yang pasti, dapat dilakukan sendiri di rumah. Cara seperti apakah itu? Berikut ini akan kami berikan beberapa tips dan trik untuk meningkatkan kemampuan speaking sahabat:


1.      Be confident

Tentunya hal pertama yang harus sahabat tanamkan adalah rasa percaya diri, tanpa rasa percaya diri sahabat tidak akan leluasa mempraktikan kemampuan speaking. Dan tentunya jangan lupa untuk berdoa dulu ya.



2.     Do Not Be Afraid of Mistakes

Namanya juga belajar, menemukan kesalahan adalah hal yang wajar. Jangan kalah sebelum perang, jangan takut duluan sebelum belajar.



3.     Forget About Grammar for a while

Singkirkan jauh-jauh buku grammar sahabat sebentar aja. Kenapa? Karena jika sahabat masih memikirkan tenses, conditional sentence, dan teori lainnya, pasti sahabat akan bolak balik buka buku tersebut, lalu kapan mau speakingnya?



4.     Keep Talking

Coba sahabat ngomong apapun, boleh curhat tentang pacar, atau ngomongin kejadian yang telah terjadi. Pokoknya intinya sahabat memaksakan diri kalian untuk speaking.



5.     Recording and Evaluating

Jadi hal-hal yang telah sahabat ucapkan jangan lupa direkam, dan setelah itu sahabat dengerkan dengan cermat. Nah, pada tahap inilah sahabat boleh buka buku grammar, coba sahabat koreksi ada tenses yang tidak tepat penggunaannya kah? Atau adakah incomplete sentence (contohnya kurang to be atau article)?.



6.     Open Youtube

Untuk meningkatkan pronounciation sahabat, sahabat dapat membuka youtube dengan keyword: tutorial how to speak English. Biasanya berisi video tutorial langsung dari native speaker dan itu semua gratis.

Tahukah sahabat? Kalau native speaker (penutur asli), kebanyakan grammar mereka saja tidak lebih jago dari orang yang bukan penutur asli yang belajar bahasa inggris. Kok bisa? Tentu saja bisa, karena native speaker  sama halnya dengan kita yang sejak kecil hanya diajarkan cara berbicara, dan tata bahasa hanya dipelajari saat di sekolah.

Belajar Speaking itu ibarat belajar naik sepeda, kita tidak pernah mempelajari bagaimana cara menaiki sepeda, apakah harus kaki kanan dulu atau kaki kiri dulu, apakah harus memegang stang atau menaikkan kaki ke pedal dulu. Yang terpenting dari itu semua adalah PRAKTEK. Maka dari itu praktekan kemampuan speaking sahabat baik itu sudah mahir maupun benar-benar pemula karena bahasa akan lancar dengan sendirinya apabila dipraktekkan.

Demikianlah langkah-langkah yang dapat sahabat praktikan di rumah, dan yang pasti dalam mempelajari apapun jangan pernah ada kata menyerah. Tetap semangat! Taklukan kemampuan speaking, dan taklukan dunia. Kalau ada cara yang cepat dan efektif kenapa tidak?. (Rexy/”GMPrivat”)





Representative Office:
Les Privat Bandung
Growth Mindset Private (GMPrivat)
Jl. Terusan Kopo km.14. Komp. Gandasoli Indah C.21, Bandung 40971
Telp/SMS : 0852 943 50 600
Line ID : gmprivat
WhatsApp : 0852 943 50 600 ( klik disini untuk chat langsung dg CS )
Email : privategrowthmindset@gmail.com
Instagram : @eduquotes
Facebook : growthmindsetprivat


Twitter Delicious Facebook Stumbleupon Favorites More