Minggu, 15 Maret 2015

Tips Cerdas Memilih Permainan yang Mencerdaskan Anak



         Jika pada artikel sebelumnya pernah disinggung mengenai Dunia Anak adalah Bermain dan manfaat dari bermain itu sendiri. Pada artikel kali ini, kami akan coba untuk memberikan tips cara memilih permainan yang dapat mencerdaskan anak. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan pilihan dalam memilih permainan agar kecerdasan anak dapat terus berkembang, sebagai berikut: 

1.      Hindari Permainan yang Memberikan Sanksi atau Hukuman
Perlu kita ketahui, tidak setiap anak bisa bermain sportif. Untuk itu, instruktur harus memahami keadaan yang demikian. Mungkin saja seorang anak akan merasa malu dan tidak ingin bermain kembali jika ia terlalu sering kalah dan mendapatkan hukuman. Hal ini akan berimbas pada psikologi anak. Lebih baik, pilih permainan yang tidak memberikan hukuman pada anak. Dengan demikian, anak akan lebih nyaman bermain dan tidak terbebani dengan hukuman.

2.      Pilih Permainan yang Memiliki Tangga Kerumitan
Permainan yang biasa-biasa saja dan tidak memiliki tingkat kerumitan akan membuat anak cepat bosan. Untuk itu, pilih permainan yang memiliki tantangan lebih dengan tingkatan-tingkatan permainan yang menyenangkan. Dengan demikian, akan memunculkan sikap kompetitif dalam diri anak.

3.      Pilih Permainan yang Mengaktifkan Anak
Sebuah permainan sudah seharusnya dapat membuat anak menjadi aktif, namun beberapa permainan justru membuat anak menjadi tidak aktif. Hal ini disebabkan karena permainan yang ada tidak memberikan kesempatan bagi seluruh personel untuk berpartisipasi secara aktif. Permainan hanya bisa memberikan kesempatan bagi yang sudah aktif. Jika demikian, anak yang kurang aktif tersebut akan menjadi semakin pasif.

4.      Pilih Media Permainan yang Aman
Tentu saja, siapa pun tidak ada yang menginginkan dirinya kecelakaan. Oleh sebab itu, jangan gunakan media atau alat permainan yang dapat membahayakan anak. Hindari media permainan yang berbahan keras. Seperti, kayu, besi, batu, dan lain sebagainya. Selain demi alasan keselamatan, juga diperlukan rasa nyaman bagi anak. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah tempat permainan anak. Bersihkan terlebih dahulu, terutama dari batu, pecahan kaca, atau lain sebagainya.

5.      Berilah Kepercayaan pada Anak
Kepercayaan merupakan bagian terpenting bagi anak. Anak memang perlu diberikan kepercayaan dan kesempatan untuk memainkan permainan apa saja yang diinginkannya selama permainan tersebut aman baginya, aman secara fisik maupun psikologis. Berikanlah kepercayaan pada anak untuk mencoba. Karena semakin anda melarang, anak akan semakin bertanya-tanya dan penasaran. Memang inilah sifat dasar anak yang selalu ingin tahu banyak hal. Kepercayaan terhadap anak akan dapat menjalin komunikasi yang baik antara anak dan orangtua.
Itulah beberapa tips yang dapat anda gunakan dalam memilih permainan yang dapat mencerdaskan anak. Mari kita bersama-sama membangun generasi bangsa yang cerdas dan berkarakter. Salam.

Sumber Rujukan:
Thobroni, M. dan Mumtaz Fairuzul. 2011. Mendongkrak Kecerdasan Anak Melalui Bermain dan Permainan. Kata Hati: Jogjakarta.

Representative Office:
Les Privat Bandung
Growth Mindset Private (GMPrivat)
Jl. Terusan Kopo km.14. Komp. Gandasoli Indah C.21, Bandung 40971
Telp/SMS : 0852 943 50 600
Line ID : gmprivat
WhatsApp : 0852 943 50 600 ( klik disini untuk chat langsung dg CS )

Email : privategrowthmindset@gmail.com
Instagram : @eduquotes
Facebook : growthmindsetprivat
www.gmprivat.com



0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Stumbleupon Favorites More