Rabu, 10 Juni 2015

Beasiswa Untuk Pegawai, Seniman, Penulis, Wartawan, PNS, Militer, dan Guru


Sebagian besar dari masyarakat di sekitar kita menganggap bahwa beasiswa itu hanya untuk kalangan akademisi dan peneliti saja. Namun, pendapat tersebut tidaklah benar. Ada beasiswa yang diperuntukan kepada para profesional, mulai dari pegawai kantor, seniman, hingga guru yang sudah mengajar pun bisa mendapatkan beasiswa. Beasiswa yang ditujukan kepada para professional ini biasanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan yang dimiliki. Berikut penjabaran singkat mengenai beasiswa untuk para pekerja atau profesional:
 
1.       Pegawai Kantor
Bagi para pegawai kantor ada dua kemungkinan untuk mencari beasiswa. Yaitu dengan mencari beasiswa di luar kantor dan di dalam kantor. Bagi kantor-kantor yang berorientasi global, terkadang ada pengembangan karier dalam bentuk work assignment. Perusahaan multinasional seperti Chevron, misalnya, memiliki program 1-2 tahun dalam bentuk belajar praktik atau work assignment yang diberikan kepada staf untuk belajar di berbagai negara dalam bentuk  job training. Contoh lainnya adalah Perusahaan Gas Negara mengirim beberapa karyawan terbaiknya untuk mengambil S2 berbagai bidang ilmu di Amerika Serikat. Jika ingin mencari informasi di luar kantor, Anda bisa coba mengikuti The Humphrey Fellowship Program.

2.      Seniman atau Penulis
Bagi para seniman atau penulis ada beasiswa yang bebentuk Residency Program. Residency adalah program untuk seniman, akademisi, dan para pekerja aktif agar bisa “berlibur” sementara dari aktivitas dan jadwal sehari-hari mereka yang padat. Harapan dari program tersebut ialah agar para resident memiliki waktu luang untuk refleksi diri, membuat karya yang baru, dan bertukar pikiran dengan komunitas budaya yang berbeda. Ada dua macam residency. Pertama, berdasarkan undangan dari penyelenggara. Misalnya artist-in-resident program di University of California, Berkeley. Dan kedua, terbuka untuk siapa saja dan kita bisa mengisi aplikasi. Untuk informasi lebih lanjut bisa klik http://www.rockefellerfoundation.org/bellagio-center/residency-program

3.      Wartawan
Bagi wartawan sendiri selalu banyak kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa. Ada beberapa program beasiswa untuk wartawan. Seperti CASE Media Fellowship yang kegiatannya berisi diskusi, kuliah, dan seminar di University of Maryland serta kunjungan ke lapangan. Contoh lainnya adalah Jefferson Fellowship, program ini sangatlah singkat yaitu tiga minggu di East-West Center. Informasi lengkapnya bisa klik http://www.eastwestcenter.org/seminars-and-journalism-fellowship/journalism-fellowship

4.      Pegawai Negeri Sipil atau Militer
Pegawai Negeri Sipil tidak kalah banyak peluangnya untuk mendapatkan beasiswa. Anda bisa coba untuk menanyakan kepada departemen terkait untuk kesempatan tugas belajar. Salah satu lembaga yang menyediakan beasiswa untuk PNS dan Polisi serta militer adalah LPDP. Beasiswa ADS ke Australia juga mempunyai jatah untuk para pegawai negeri.

5.      Guru
Seorang guru memiliki peluang yang bagus untuk mendapatkan beasiswa. Salah satunya adalah The International Leaders in Education Program (ILEP) yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan guru dengan belajar di Amerika Serikat. Informasi lengkapnya bisa klik :
           Sedangkan bagi guru bahasa inggris, atau sedang belajar menjadi guru, maka ada beasiswa khusus, yaitu kesempatan kuliah di Amerika Serikat sambil mengajar bahasa Indonesia kepada orang asing. Informasi lengkapnya bisa klik:

Itulah beberapa beasiswa yang ditujukan kepada para profesional atau pekerja. Sangat banyak sekali informasi beasiswa bagi profesional lainnya. Yang harus kita lakukan adalah rajin mencari informasi beasiswa yang kita inginkan. Keep Searching.

Sumber Rujukan:
Fuadi, A. 2014. Beasiswa 5 Benua. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Representative Office:
Les Privat Bandung
Growth Mindset Private (GMPrivat)
Jl. Terusan Kopo km.14. Komp. Gandasoli Indah C.21, Bandung 40971
Telp/SMS : 0852 943 50 600
Line ID : gmprivat
WhatsApp : 0852 943 50 600 ( klik disini untuk chat langsung dg CS )

Email : privategrowthmindset@gmail.com
Instagram : @eduquotes
Facebook : growthmindsetprivat
www.gmprivat.com


0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Stumbleupon Favorites More