Kamis, 16 Juli 2015

Belajar Efektif, Belajar Ringan Menjelang Tidur



Halo sahabat ilmu :) 

Banyak anak beranggapan bahwa belajar adalah hal yang mebosankan, melelahkan, dan memusingkan. Dan kebanyakan orang mengasumsikan bahwa belajar itu haruslah dipenuhi dengan banyak buku, belajar itu menyita waktu bermain,  belajar itu membebani diri karena sudah belajar di sekolah, dan masih banyak lagi asumsi lainnya. Pertanyaanya apakah hal tersebut sepenuhnya benar? 

Jawabannya adalah “TIDAK”. 

Apakah belajar harus dipenuhi dengan membaca buku yang tebal? 

Ataukah wajib dilakukan di meja belajar? 

Apakah kalian sudah tahu bahwa belajar ringan menjelang tidur itu bermanfaat dan efektif?
Belajar ringan menjelang tidur bukanlah seperti apa yang sahabat bayangkan, namun, belajar ringan di sini adalah mengingat kembali atau mereview apa yang sudah dipelajari di sekolah dengan atau tanpa harus membuka buku, dan dilakukan pada saat menjelang tidur. Belajar ringan dengan mengingat kembali atau mereview materi yang sudah diajarkan hari itu di sekolah, dapat dilakukan sambil berbaring di tempat tidur sebelum tidur. Kegiatan ini hanya akan menyita waktu sahabat kurang lebih 15 menit, dan yang paling penting belajar ringan yang sangat singkat ini akan sangat membantu sahabat dalam mengingat materi-materi yang telah diajarkan. 

Dengan melakukan belajar ringan dengan rutin setiap malam menjelang tidur, selain akan mempermudah mengingat materi yang telah diajarkan guru, juga akan meningkatkan daya ingat sahabat. Karena otak sahabat akan mencoba mengingat kembali atau mereview secara rutin sehingga terbentuk kebiasaan untuk mengingat. Melakukan belajar ringan sebelum tidur sangatlah mudah, contoh: setiap malam menjelang tidur sahabat mengingat materi yang telah diajarkan guru hari itu, boleh dengan berbaring ataupun duduk di kasur, misal mata pelajaran sejarah, hal-hal yang perlu sahabat ingat adakah poin-poin yang ada dalam materi sejarah yang telah diajarkan hari itu, seperti nama, tanggal, kejadian dan lain-lain, kemudian coba ingat dan sedikit hafalkan, jika dirasa sudah cukup hafal sahabat dapat menghentikannya dan dapat lanjut untuk tidur.

Nah sahabat, tidak ada kata membosankan ataupun melelahkan untuk belajar. Dengan belajar ringan sebelum tidur, artinya belajar menyesuaikan sahabat bukan sahabat menyesuaikan belajar. Sehingga waktu sahabat untuk melakukan aktivitas lain pun tidak akan terganggu, karena belajar dilakukan menjelang tidur. Mari sahabat budayakanlah belajar, tidak harus lama asalkan rutin maka akan lebih bermanfaat dari pada lama tapi tidak rutin.
Ibarat menuangkan air pada gelas sedikit demi sedikit maka akan menjaga air agar tidak tumpah, berbeda halnya bila menuangkan air sekaligus banyak pada gelas maka kemungkinan besar akan tumpah sebagian.

Semoga bermanfaat :)




Representative Office:
Les Privat Bandung
Growth Mindset Private (GMPrivat)
Jl. Terusan Kopo km.14. Komp. Gandasoli Indah C.21, Bandung 40971
Telp/SMS : 0852 943 50 600
Line ID : gmprivat
WhatsApp : 0852 943 50 600 ( klik disini untuk chat langsung dg CS )

Email : privategrowthmindset@gmail.com
Instagram : @eduquotes
Facebook : growthmindsetprivat
www.gmprivat.com


  

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Stumbleupon Favorites More