Jumat, 04 Desember 2015

Melatih Ketangkasan MENGHAFAL Dengan MIND MAPPING

Salam cerdas sahabat GMPrivat. 

Masihkah sahabat memiliki kesulitan menghafal? 
Misalnya untuk menghafal materi-materi sebelum ulangan, UTS, ataupun UAS. 

Menghafal adalah kegiatan yang cukup sulit dilakukan apabila dilakukan secara mendadak dan juga apabila materi hafalan terlalu banyak. Namun kadang sahabat memang dituntut untuk menghafalkan suatu materi, seperti halnya materi IPS, Sejarah, Biologi, PKn, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sahabat perlu memutar otak, dengan menggunakan metode mind mapping.

Mind mapping atau juga disebut sebagai pemetaan pikiran adalah metode praktis untuk menghafal, bahkan dengan metode mind mapping sahabat tidak hanya akan hafal namun juga akan paham. Kenapa bisa? 

Tentu saja bisa.

Karena metode mind mapping lebih fokus pada poin-poin hafalan dan mendorong otak untuk mengembangkan poin-poin tersebut sesuai dengan apa yang telah kita baca sebelumnya.jadi metode mind mapping mengharuskan kita tahu keseluruhan isi materi dengan cara membacanya, dan mengharuskan kita membuat poin-poin utama materi hafalan.

Metode mind mapping mendorong kita membuat pemetaan hafalan sesuai dengan keinginan kita. Sesuai keinginan bukan berarti mengasal pemetaan, namun metode pemetaan hafalannya harus tetap terstruktur dan sistematis.

Kenapa harus terstruktur dan sistematis?

Karena dengan terstruktur dan sistematis tidak akan membingungkan kita sendiri, justru akan lebih meningkatkan pemahaman. Pembuatan mind mapping yang terstruktur dan sistematis sangatlah mudah, yaitu dengan menyusun poin-poin hafalan dari materi paling awal ke paling akhir. Dan juga usahakan buat garis hubung antara poin satu dengan poin lainya, sehingga kita tahu dan paham tentang kesatuan materi yang sedang kita hafalkan. Dengan mengetahui hubungan pion-poin hafalan maka akan lebih mudah kita memahami dan menghafal materi, karena dengan hubungan tersebut akan mempermudah mengingat jika kita lupa.

Mind mapping bertujuan untuk mempermudah dan menarik minat untuk menghafal. Jadi sahabat dapat membuat mind mapping semenarik mungkin. Mungkin dengan membuatnya di kertas berwarna, ataupun memberikan warna pada mind mapping. Sahabat juga dapat memberi warna berbeda pada masing-masing poin sehingga akan lebih mempermudah sahabat menghafal dengan mengingat warnanya juga.

Nah, sahabat sekarang tidak ada kata sulit lagi untuk menghapal, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (Rexy/GMPrivat)


Representative Office:
Les Privat Bandung
Growth Mindset Private (GMPrivat)
Jl. Terusan Kopo km.14. Komp. Gandasoli Indah C.21, Bandung 40971
Telp/SMS : 0852 943 50 600
Line ID : gmprivat
WhatsApp : 0852 943 50 600 ( klik disini untuk chat langsung dg CS )

Email : privategrowthmindset@gmail.com
Instagram : @eduquotes
Facebook : growthmindsetprivat
www.gmprivat.com


0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Stumbleupon Favorites More