Senin, 07 Maret 2016

Tips Mudah Belajar Tata Bahasa Inggris (Grammar)


Salam cerdas sahabat GMPrivat. 

Pasti sahabat sudah tidak canggung lagi dengan tata bahasa Inggris, namun sudahkah sahabat paham penggunaanya?

Di era ini, Bahasa Inggris sangatlah penting, baik untuk pembelajaran maupun untuk pekerjaan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa pemahaman tata bahasa atau sering disebut grammar yang dimiliki seseorang yang bukan penutur asli (nonnative speaker) dalam Bahasa Inggris masih sangat kurang. Kebanyakan orang dapat berbicara (speaking) dalam Bahasa Inggris namun masih terdapat banyak kesalahan dalam penggunaan tata bahasanya (grammatical mistake). Padahal, tata bahasa yang baik sangat dibutuhkan terutama dalam hal menulis (writing), agar tidak rancu.

Tata bahasa inggris mungkin agak sulit dipahami oleh orang Indonesia, karena Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia memiliki tata bahasa yang berbeda terutama dalam hal pembentukan kalimat, perubahan kosakata berdasarkan waktu dan lain sebagainya. Namun hal tersebut bukanlah hambatan bagi kita bila ingin menguasai Bahasa Inggris, maka dari itu berikut ini kami paparkan beberapa tips mudah memahami tata bahasa dalam Bahasa Inggris:

1.      Menghafalkan Elemen Dasar.
Untuk mempercepat pemahaman, alangkah baiknya kita dapat menghafalkan terlebih dahulu elemen-elemen dasar tata bahasa dalam Bahasa Inggris sehingga kita tidak perlu membuka-tutup buku grammar berulang kali. 

Apa sajakah elemen-elemen dasar tersebut? 

Elemen-elemen dasar dalam bahasa inggris diantaranya adalah: To Be, perubahan kata kerja, tenses, dan lain sebagainya. 
Hafalkan beberapa dari elemen tersebut dan pastikan bahwa kita benar-benar hafal, sehingga mempermudah kita untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

2.     Menghafalkan Perubahan Kata Kerja.
Dalam bahasa inggris terdapat bentuk kata kerja yang senantiasa berubah. Perubahan kata kerja tersebut akan sangat bergantung pada waktu, dan tenses yang sedang digunakan. 
Perubahan kata kerja tersebut meliputi: regular verbs (perubahan yang beraturan), dan irregular verbs (perubahan tidak beraturan). 
Alangkah baiknya sahabat dapat menghafalkan regular verbs terlebih dahulu, sehingga dapat lebih mudah dan lebih cepat dipahami.

3.     Mempraktikan Kedua Hal di Atas Pada Tenses.
Tentu saja setelah menghafalkan dua poin di atas, langkah yang bijak adalah segera mempraktikan apa yang telah sahabat hafalkan.  Sahabat dapat mempraktikkannya dengan berlatih menggunakan berbagai tenses

Caranya adalah dengan menentukan tenses apa yang akan dipraktikan lalu coba gunakan verb atau To Be yang tepat sesuai dengan rumus masing-masing tenses

Praktikkan hal ini pada keseluruhan bentuk tenses untuk memahami secara bertahap keseluruhan tata bahasa, dan praktikkanlah dengan rutin minimal seminggu sekali.

Baiklah sahabat itulah beberapa tips mudah yang dapat meningkatkan pemahaman tata bahasa dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi panduan sahabat dalam belajar, oya alangkah lebih baiknya apabila sahabat ditemani oleh teman belajar/pembimbing yang pemahamannya sudah sangat baik mengenai tata bahasa dalam Bahasa Inggris, agar dapat membantu menjelaskan bila sahabat kurang memahami materi tertentu. (Revi/GMP)

Selamat mencoba :) 


Representative Office:
Les Privat Bandung
Growth Mindset Private (GMPrivat)
Jl. Terusan Kopo km.14. Komp. Gandasoli Indah C.21, Bandung 40971
Telp/SMS : 0852 943 50 600
Line ID : gmprivat
WhatsApp : 0852 943 50 600 ( klik disini untuk chat langsung dg CS )

Email : privategrowthmindset@gmail.com
Instagram : @eduquotes
Facebook : growthmindsetprivat
www.gmprivat.com


 

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Stumbleupon Favorites More